Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian Web Server dan Fungsinya



Web server merupakan kebutuhan bagi user yang ingin mengelola website agar bisa diakses oleh jaringan internet, webserver mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan juga akses yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down sebuah website. Sebenarnya apa pengertian web server, Web Server adalah sebuah software yang berfungsi untuk menerima dan melayani permintaan yang dikirimkan user akses melalui browser kemudian ditampilkan kepada user sesuai dengan permintaan yang dikirimkan ke server.

Web Server digunakan untuk menyimpan semua data seperti HTML dokumen, gambar, file CSS stylesheets, dan file JavaScript. Sedangkan pada sisi software, fungsi web server adalah sebagai pusat kontrol untuk memproses permintaan yang diterima dari browser

Cara Kerja Web Server

User melakukan permintaan melalui browser terhadap server (HTTP Request), Kemudian Server Menerima request dan dan memprosesnya menjadi halaman situs web (HTTP Response). Server bisa kita anggap sebagai pelayan yang melayani user yang meminta layanan.

Macam macam Web Server

Untuk menggunakan layanan web server, anda bisa memilih beberapa software yang bisa digunakan, dari beberpa macam software yang paling sering digunakan untuk kontrol website yaitu:

1. Apache

Apache salah satu layanan web server yang paling populer, bahkan dari semua web server yang ada, pengguna webserver yang menggunakan apache mencapai 41.5% tentu saja angka tersebut didukung oleh kemampuan yang ada pada apache seperti fleksibel, Konfigurasi dan pengaturan apache sangat mudah dan simple, itulah mengapa apache sangat populer di dunia hosting. 

2. NginX (Engine-X)

NginX  merupakan webserver kedua setelah apache, nilai plus yang dimiliki NginX bisa melayani website yang meiliki trafik yang tinggi dengan performa resource hardware yang kecil, seperti pemakaian RAM.  Hal tersebut menjadi alasan mengapa NginX menjadi web server nomor dua yang paling banyak digunakan

3. Litespeed

Litespeed adalah sebuah web server yang sama seperti pembahasan diatas, Litespeed memiliki performa terbaik. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya penyedia web hosting yang menggunakannya untuk apps web server mereka.  

Dari ketiga web server yang kami tulis diatas, ada banyak web server yang bisa menjadi alternatif antara lain:

1. Apache Tomcat
2. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
3. Lighttpd
4. Sun Java System Web Server
5. Xitami Web Server
6. Zeus Web Server

Demikianlah artikel mengenai web server yang bisa kami tulis, semoga bisa memberikan manfaat dan pengetahuan bagi pembaca semuanya. Jika ada saran silahkan ditulis pada kolom komentar, semoga berguna.


Posting Komentar

0 Komentar