Ticker

6/recent/ticker-posts

Memahami Arti Lampu Indikator ZTE F609 Indihome



Layanan Internet Service Provider dari Telkom yakni Indihome semakin berkembang pesat di Indonesia, kita bisa berlangganan paket  Triple Play, yaitu internet dengan kualitas fiber optik, lalu layanan TV Interaktif seperti UseeTV, dan juga layanan Telepon Rumah. Menggunakan kabel serat optik ke pelanggan semakin menambah kualitas layanan yang diberikan.

Setiap pelanggan akan diberikan alat tambahan berupa ONT (Optical Network Terminal) atau orang awam menyebutnya modem. Alat ini berfungsi mengubah sinyal optik yang dipancarkan dari OLT sentral telkom menjadi data digital berupa internet, saluran IP TV, dan Voip.

Saat terjadi gangguan biasanya ONT memiliki lampu indikator, dimana setiap lampu tersebut memiliki arti yang berbeda. Berikut ini penjelasan indikator lampu pada ZTE F609


1. Indikator Power menyala, untuk ada arus listrik yang masuk ke ONT

2. Indikator PON menyala, indikator ONT terhubung dengan dengan server OLT

3. Indikator LOS menyala, menunjukkan bahwa ONT tidak terhubung ke OLT server Telkom

4. Indikator Internet menyala, adanya transmisi data yang masuk ke ONT

5. Indikator LAN menyala, ada akses jaringan ke kabel LAN

6. Indikator WiFi menyala, akses jaringan Wireless atau WiFi

7. Indikator POTS / Tel menyala, sebagai line telepon berfungsi menggunakan pesawat telepon rumah.

Setelah anda paham masing masing indikator lampu, berikut ini permasalahan lampu indikator

1. Lampu indikator Power tidak menyala tidak adanya arus listrik yang masuk ke ONT atau modem telah rusak, pastikan cek apakah adaptor berfungsi dengan baik.

2. Lampu indikator PON menyala atau berkedip - kedip menunjukkan bahwa adanya gangguan pada konfiguasi system yang belum setting.

3. Lampu indikator LOS menyala menunjukkan bahwa adanya gangguan di kabel optik.

4. Lampu indikator Internet tidak menyala menunjukkan bahwa tidak ada transmisi data pada ONT

5. Lampu indikator LAN tidak menyala menunjukkan belum ada kabel yang tertancap, kabel LAN rusak, port LAN dari sisi client rusak, pemasangan konektor kabel kurang baik.

6. Lampu indikator WiFi tidak menyala menunjukkan akses menggunakan wireless tidak bekerja, pastikan setingan wireless telah di aktifkan.

7. Lampu indikator POTS / Tel tidak menyala menunjukkan bahwa system belum melakukan konfigurasi untuk layanan telepon

Demikianlah penjelasan setiap lampu indikator yang ada di modem fiber optik ZTE F609 Indihome, jika kurang jelas cara mengatasi masalah tersebut diatas anda bisa memanggil teknisi indihome.

Posting Komentar

0 Komentar