Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian Virtual Private Server Untuk Hosting Website




VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server, merupakan server virtual dari server fisik yang di bagi bagi menjadi beberapa server virtual. Untuk membagi server tersebut biasanya digunakan Operating System seperti Proxmox, VM Ware, VirtualBox dll. Jika anda memiliki sebuah website agar website anda bisa di akses ke jaringan internet VPS Hosting merupakan solusi yang paling mudah.

Tipe hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan resourse dedicated (pribadi) di server meskipun digunakan oleh lebih dari satu user. Ada banyak VPS Hosting yakni share hosting dan dedicated hosting. Share hosting biasanya dipakai untuk website yang memiliki jumlah pengunjung sedikit misalnya 500 ribu user perbulan. Dedicated hosting digunakan untuk menangani website dengan trafik yang tinggi misalnya 5 juta user perbulan.

Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa sebuah VPS lebih murah jika dibandingkan harus membeli      server sendiri dan tempat yang perlu disediakan. Maintenance sudah ditangani oleh teknisi dari penyedia jasa hosting yang anda sewa. Biasanya VPS hosting dis ewa oleh pemilik situs yang sudah mmeperoleh trafik yang cukup tinggi mlebihi batas penggunaan yang disarankan oleh share hosting.

Bagaimana cara kerja VPS Hosting

Server merupakan tempat web hosting anda menyimpan file database yang dibutuhkan oleh website, setiap user mengakses website menggunakan browser maka request akan dikirim ke web server, lalu web server mengirim file data yang di request oleh client sehingga data bisa di tampilkan di halaman web browser, seperti video, gambar, tulisan dll. VPS hosting menyediakan server virtual yang meniru server fisik meskipun dalam kenyataannya server tersebut terbagi antara beberapa user menggunakan terknologi virtualisasi salah satunya Proxmox.

Saat anda menggunakan VPS maka anda membuat platform website dengan jaminan resource server seperti (memori, disk space, CPU core, dll) yang tidak mengharuskan anda berbagi user dengan yang lain. Anda memiliki kendali sendiri terhadap server anda seperti akses root level seperti anda meyewa dedicated server tapi dengan biaya yang lebih murah.

Kelebihan VPS Hosting

1. Lebih cepat dan andal dari pada server shared hosting.
2. Masalah trafik website situs lain tidak berpengaruh pada website anda
3. Anda memiliki akses admin root server
4. Privasi lebih terjamin dimana database file file website tersimpan di server VPS milik kita
5. Resource server melayani tarfik website kita.

Kekurangan VPS Hosting

1. Biaya lebih mahal dibandingkan Share Hosting 
2. Anda harus paham teknis dalam mengelola server, konfigurasi webserver, IP Server, DNS Server, database server, CMS untuk konten server, monitoring dll.
3. Pengaturan yang salah pada server akan berakibat pada masalah keamanan.

Kapan pindah ke VPS Hosting

VPS hosting menjadi pilihan bagi website anda yang telah berkembang, bahkan sudah melampaui batas reosurce share hosting. Jika paket yang ditawarkan Share Hosting sudah tidak mengakomodasi kebutuhan website anda, saatnya beralih ke VPS Hosting. Namun bagi anda yang sejak awal ingin menggunakan VPS Hosting untuk website seperti Ecommerce untuk transaksi jual beli yang lebih aman hal ini bisa anda pergunakan. VPS menjadi solusi masalah keamanan transaksi website anda, mengurangi resiko kebocoran data yang disebabkan oleh seorang pencuri.

Apa itu VPS Managed

Anda tidak bisa mengelola VPS Hosting, bukan perkara sulit sekarang sudah ada VPS managed yang menjadi solusi bagi anda yang ingin mengelola website namun tidak bisa secara teknis mengenai konfigurasi dan monitoring server. Sudah banyak provider hosting yang menawarkan opsi ini ke pelanggan dengan dukungan bantuan 24/7 untu kmengelola VPS Hosting anda.

VPS Hosting menjadi pilihan bagi anda yang sedang mengembangkan website dengan trafik yang cukup tinggi, kelebihan VPS Hosting bisa menangani lonjakan trafik website tanpa terpengaruh oleh website lain, seperti yang terjadi pada share hosting. Demikianlah artikel tentang pembahasan VPS hosting, kapan harus menggunakan VPS dan kelebihannya.


Posting Komentar

0 Komentar