Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengatasi Modem Indihome Los Indikator Merah



Lampu LOS merah pada modem indihome banyak faktor yang menyebabkan gangguan internet di jaringan rumah anda. Biasanya lampu Los berkedip dan internet modem jadi stuck, di bagian daerah tertentu Los ini bisa juga terjadi. Lampu tersebut menyala karena masalah pada kabel distribusi.

Penyebabnyabisa bermacam macam, berdasarkan pengalaman yang saya ketahui sebagai berikut:

1. Pengaturan modem salah : Pengaturan yang salah bisa juga menyebabkan modem Los koeksi internet tidak tersambung, seperti pengaturan Vlan, pppoe, mac address modem, dll

2. Koneksi Kabel distribusi yang ke pelanggan bermasalah : Kabel distribusi merupakan kabel jaringan yang ke pelanggan, jenis kabel ini banyak macamnya mulai distribusi dari ODC ke ODP, ODP ke pelanggan maka peru di cek apakah kabel tersebut putus.

3. Ada maintenance jaringan: Perbaikan jaringan bisa juga menjadi penyebab misalnya ada penyambungan kabel, penggantian splitter pada ODC dan ODP. 

4. Konektor bermasalah : Konektor pada kabel patch cord yang kotor bisa menjadi penyebab, letak konektor ini bermacam macam ada pada modem ONT, ODP, ODC, OLT. Konektor yang tertancap pada modem pelanggan menggunakan konektor jenis UPC warna biru. Untuk konektor warna hijau APC biasanya di pasang pada ODC. Pastikan konektor yang digunakan selalu di jaga kebersihannya terhindar dari debu halus.

Untuk membaca kualitas sinyal modem kita, pastikan nilainya Loss tidak lebih dari 28 dB itu merupakan hasil pengukuran standart telkom.


Misalkan indikator modem diatas sinyal yang diberoleh -16 dBm bisa kita hitung berapa Loss dengan pengukuran menggunakan rumus:

Loss = PTx - PRx
            Loss = (class-1) - (-16 dBm)
            Loss = -4 dBm + 16 dBm
            Loss = 12 dB

Artinya Loss (Hambatan) yang diperoleh modem tersebut masih terhitung kecil yakni 12 dB jika mengacu ke standar telkom maksimum 28 dB 

 Jika anda sedang mengalami masalah pada modem IndiHome yang LOS:

1. Cek Posisi Kabel

Pengaturan posisis kabel sudah diatur oleh teknisi telkom, bisa juga seiring waktu modem tersebut konektornya longgar mungkin ada kabel yang tertarik pastikan cek posisi kabel yang terhubung ke modem. Pastikan posisi kabel patch cord warna kuning tidak tertekuk bisa menjadi core inti kabel putus. pastikan kabel di gulung melingkar jangan tertekuk jika ada kelebihan kabel. 

2. On / Off Modem

Mengaktifkan ulang modem mungkin bisa menjadi solusi, tuggu samai modem menyala sempurna semua lampu indikator menyala. Mengaktifkan ulang modem ini ditujukan untuk menghilangkan semua aktivitas fitur program yang berjalan pada modem IndiHome.

4. Panggil Teknisi Indihome Telkom

Jika semua cara di atas sudah dicoba namun belum berhasil, langsung saja panggil teknisi indihome. Bisa saja LOS nya disebabkan karena hal ini:

- Sambungan kabel ke tiang terputus
- Sambungan pada komponen internal modem bermasalah
- Memang terjadi gangguan

Opsi terakhir bisa menjadi solusi jika semua cara sudah kita tempuh namun belum berhasil, jika anda tidak menguasai jaringan sebaiknya langsung saja hubungi teknisi telkom, merupakan cara terbaik mengatasi gangguan jaringan indihome anda.

Posting Komentar

0 Komentar