Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Setting TP LINK WA7210N Sebagai Access Point



Sebuah perangkat wireless Outdoor TPLINK merupakan perangkat yang lumayan baik dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan jaringan wireless anda. TPLINK seri WA7210N merupakan perangkat wirelesss jenis outdoor yang sering digunakan bagi pengusaha jaringan internet seperti ISP, RT/RWNET .  Untuk konfigurasi di bawah ini berfungsi sebagai Access Point, dimana IP Address yang di dapatkan oleh klient dari perangkat router seperti modem indihome.

1. Persiapan
-Sediakan 2 buah kabel LAN satu ke laptop satu ke konektor POE yang nantinya dihubungkan ke perangkat outdor  WA7210N dengan panjang menyesuaikan tinggi antena.
-Satu buah Komputer atau Laptop

2. Cara Setting TPLINK WA7210N
untuk konfigurasi kita menggunakan web browser dengan alamat default biasanya 192.168.0.254 sesuai yang tertera di dosbook. Sesuaikan IP Address laptop atau komputer seperti gambar di bawah ini. Misalnya 192.168.0.108



3. Isikan alamat address bar pada browser 192.168.0.254 akan muncul user dan password isikan user password default admin, pilih operation mode Access Point lalu Save



4. Selanjutnya buka menu Wireless >> Wireless Settings >> Isilah sesuai parameter berikut ini.



Wireless Network Name : Nama SSID yang anda inginkan
Region : Indonesia 
Transmission Power : 27dbm (Kusus perangkat penerima Indoor usahan power jangan terlalu tinggi untuk perangkat HP, Laptop power yang suport tidak melebihi 9 dbm)
Channel : Auto
Klik Save

5. Selanjutnya mengatur security pada Access Point, Klik menu Wireless >> Wireless Security,



Version : WPA2-Personal
Encryption : AES
Password : isikan sesuai keinginan anda
Klik Save lalu reboot untuk menyimpan konfigurasi

Setelah itu hubungkan TP LINK WA7210N ke sumber internet seperti modem, maka internet akan bisa langsung di jalankan, semoga tutorial ini berguna bagi anda selamat mencoba.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Maaf cara kerja alat tersebut untuk menerima pancaran dan memancarkan sinyal berapa meter ya,? Ketika wifi tidak dapat di jangkau oleh androit kita apa bisa di tangkap oleh alat tersebut,???🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jarak sampai 100 meter masih bisa asalkan tanpa halangan.. Bisa di gunakan untuk WISP menerima dan memancarkan kembali..

      Hapus