Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menampilkan File Tersembunyi Karena Virus di Komputer



Apakah anda pengguna sistem operasi Windows, pernah mendengan virus shortcut dimana virus ini menyembunyikan data yang tersimpan di flasdisk maupun hardisk eksternal sering terhiden atau tidak kelihatan, anda jangan panik dulu kemungkinan data anda di sembunyikan oleh virus.  Virus sendiri memiliki beberapa tingkat, mulai dari yang tidak berbahaya hingga yang sangat berbahaya.

Seperti virus virus Shortcut, dimana virus ini hanya menyembunyikan data yang ada di dalam penyimpanan. Memang tidak berbahaya, namun virus ini cukup menjengkelkan, semua folder akan berubah menjadi shortcut dan isi file dalam folder akan terhidden.

Untuk mengatasi hal tersebut anda tidak perlu khawatir sangat mudah untuk di lakukan, silahkan buka Command Prompt (CMD) dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard anda secara bersamaan, setelah itu ketikan cmd pada kotak Run. Seperti gambar dibawah ini, lalau klik OK.


Setelah itu akan muncul layar tampilan CMD, setelah itu anda perlu melihat flashdisk atau hardisk anda berada di drive mana data yang terhidden tadi, misalkan di drive F. Maka kita perlu pindah direktory ke drive F. Seperti gambar di bawah ini dari drive C pindah ke drive F dengan perintah C:\Users\ACER>F:



Setelah kita berada di Drive F:\> kita ketikkan attrib -s -h -r -a /s /d lalu tekan Enter silahkan di tunggu beberapa saat, jika data belum muncul bisa anda ulangi perintah attrib -s -h -r -a /s /d sampai data anda muncul.



Demikian sedikit informasi tentang, cara untuk menampilkan file disembunyikan virus di Flashdisk atau Hardisk Eksternal. Jangan lipa selalau backup data anda agar tidak hilang sewaktu waktu demi menjaga keamanan data. Banckup bisa di lakukan melalaui google cloud atau di simpan pada komputer yang lebih aman selamat mencoba semoga berguna.

Posting Komentar

0 Komentar