Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian Web Server dan Fungsinya



Web server merupakan sebuah program yang berfungsi untuk melayani permintaan (request) melalui protokol HTTP maupun HTTPS dari klien, yang dikenal dengan nama browser (Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera Web browser dll) dan mengirimkan respon atas permintaan tersebut ke client dalam bentuk halaman web

Kebutuhan sebuah website memerlukan resource yang cukup unutk melayani permintaan dari client maka diperlukan spesifikasi dengan kapasitas yang besar di dukung pengunaan processor dan ram yang memadai. Jika sebuah website sudah memiliki tingkat kunjungan puluhan ribu trafik permenit harus di dukung dengan resource yang memadai agar kinerja server lebih stabil mencegah terjadinya down.

Java dan Javascript menjadi bahasa komputer yang populer digunakan untuk membuat website. Hampir semua website pasti menggunakan kedua bahasa ini, meskipun biasanya dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lain seperti php, html dll.

Macam macam Web Server
Banyak sekali web server yang bisa digunakani sebagai pusat layanan website tergantung kebutuhan. Ada beberapa web server yang paling sering digunakan antara lain

1. Apache
Apache termasuk jenis software freeware yang mudah di konfigurasi dan berjalan di berbagai macam sistem operasi, apache lebih mudah diinstall dibandingkan dengan beberapa jenis server yang lain. Selain fleksibel, konfigurasi dan pengaturan apache sangat mudah. Hal tersebut menjadi alasan banyak orang menggunakan Apache sebagai web server.

Kelebihan Web Server Apache :
Konfigurasi Lebih Mudah cocok digunakan untuk pemula
Memiliki lisensi Open Source
Jumlah Pengguna banyak dan memiliki komunitas besar

2. NginX
NGINX Web Server
Nginx adalah sebuah web server paling populer digunakan saat ini, memiliki tingkat kehandalan yang tidak diragukan serta pemakaian resource yang hemat, Nginx atau bisa disebut Engine X memiliki peforma tinggi, arsitektur event-based dan fiturnya sangat bermanfaat.

Nginx menjadi web server nomor dua yang paling banyak digunakan, Selain itu beberapa fitur Nginx yang bisa lebih baik dalam menangani website yang bertrafik tinggi menjadi nilai plus bagi Nginx.

Kelebihan Web Server Nginx
Lebih ringan
Stabil dan Hemat Resource
Performa lebih baik dalam menangani website bertrafik tinggi

3. Litespeed
Jenis server ini mampu meninkatkan performa PHP hingga mencapai 50%  memiliki system anti DDoS, mampu melakukan pembatasan terhadap validasi HTTP request.

Fitur anti DDoS
Performa yang lebih baik
Kompatibel dengan htaccess
Adanya fitur recover kesalahan secara langsung

Ada banyak macam jenis Web Server sebagai berikut :
Apache Tomcat
Microsoft Internet Information Services (IIS)
Lighttpd
Zeus Web Server
Sun Java System Web Server
Xitami Web Server

Itulah beberapa informasi tentang Web Server, Mulai dari pengertian dan definisi, cara kerja, aplikasi yang digunakan hingga kelebihan masing-masing web server.  Anda bisa memilih mana jenis web server yang dibutuhkan oleh OS Server anda. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri dan tentunya juga memiliki kekurangan.

Posting Komentar

0 Komentar