Mungkin anda pemakai jaringan Indihome pernah mengalami gangguan seperti akses ke WiFi menggunakan laptop maupun smartphone HP tersambung namun tidak bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Masalah seperti itu bisa banyak penyebab mulai dari masalah pada modem atau akses WiFi yang tidak terkoneksi. Permasalahan kita kelompokkan menjadi 2 yaitu masalah pada modem dan masalah pada akses WiFi
Masalah pada Modem
Sebelum anda melakukan pengaduan ke pusat layanan Indihome sebaiknya anda coba tips berikut ini karena gangguan yang sering terjadi dari sisi client. Langkah peyelesaian sebagai berikut.
1 Tidak ada koneksi langkah yang paling mudah cek indikator lampu :
a. lampu los merah nyala berarti ada sambungan yang terputus atau jack lepas, solusi periksa kabel dan colokan fiber
b. Lampu internet mati indikator bahwa butuh setting ulang terhadap perangkat Anda, solusi silahkan melakukan laporan ke 1147 atau datang ke Plasa Telkom
c. Lampu indikator Internet & GPON/Link nyala tapi tidak bisa digunakan, bisa jadi sedang terjadi gangguan massal, solusi tanya saudara yang sama-sama berlangganan atau telpon 147
d. Lampu indikator Internet & GPON/Link nyala tapi lemot, cek berapa user yang tersambung ke indihome anda, bisa jadi karena terlalu banyak pemakai atau ada pengguna yang tidak terdaftar atau sedang ada gangguan massal. Solusi rubah passord Wifi Anda agar semua koneksi ke peralatan terputus kemudian cek kecepatan di speedtest.net apakah bandwith sudah sesuai dengan paket yang pilih atau belum.
e. Akses internet tidak mampu menjangkau ke seluruh ruangan, Modem Indihome hanya menjangkau radius 20 meter dan akan sangat berkurang jika terhalang tembok/beton. Jjika anda memiliki ruangan yang luas tambahkan perangkat tambahan berupa Akses Point.
2. Jika kondisi di atas masih normal coba matikan modem beberapa menit kira kira 30 menit, modem yang panas bisa mengganggu keinerja modem itu sendiri mungkin modem sudah terlalu lama menyala.
Masalah pada Akses WiFi
Masalah pada WiFi sangat bermacam macam, bisa dari sisi modem atau dari klient. Peralatan yang tidak mendukung bisa mengakibatkan WiFi tidak terkoneksi. Berikut ini solusi yang bisa di pakai jika WiFi tidak bisa terkoneksi.
1. Cek peralatan yang tersambung ke WiFi modem apakah menggunakan password dengan benar.
2. Pastikan konfigurasi IP LAN pada modem benar.
3. Pastikan konfigurasi SSID dan DHCP Server sudah benar, sehingga client yang tersambung ke WiFi memperoleh ip address secara dynamic.
4. Gunakan Frekuensi WiFi pada channel sesuai standart pemilihan channel frekuensi WiFi, pastikan tidak ada interferensi dengan perangkat WiFi yang lain.
5. Restart router, modem, atau wireless router
Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang paling banyak dan sering dilakukan adalah restart router. Menggunakan tombol power on/off di belakang router setelah itu nyalakan kembali.
6. Memperbarui driver adaptor wifi
Bisa jadi masalah laptop yang tidak bisa digunakan untuk browsing meski sudah terhubung dengan internet disebabkan oleh driver wifi. Masalah ini biasanya ditandai dengan laptop/PC limited, namun internet tetap berjalan dengan baik di perangkat lainnya.
7. Mengubah mode wifi
Untuk mengubah mode WiFi kita harus login ke setingan wireles router atau modem menggunakan standart 802.11 b/g/n/ac.
Cari menu Wireless --> Wireless Settings --> rubah mode menjadi 802.11 b/g/n/ac mixed --> klik Save. Setelah mengubah setelan mode wifi, restart kembali router untuk melihat hasilnya.
8. Smartphone atau laptop tidak suport standart WiFi yang baru
WiFi versi terbaru sudah mengadopsi stadart 802.11 ac jika perangkat yang anda gunakan termasuk versi yang lama kemungkinan tidak suport dan tidak akan terkoneksi. Smartphone HP maupun laptop terbaru sudah mendukung veri WiFi 802.11 ac.
9. Ganti DNS dengan Google Public DNS
Masalah wifi yang terhubung tapi tidak bisa akses internet pada PC bisa diatasi dengan mengganti IP DNS dengan DNS Google Public. IP DNS ini bisa kita masukkan ke setingan modem maupun pada laptop.
Klik nama wifi yang terhubung untuk membuka jendela informasinya. Pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan lanjutkan dengan klik Properties. Pilih “gunakan alamat DNS 8.8.8.8” pada jendela properti IPV4.
Sebenarnya untuk IP DNS Indihome memiliki banyak IP, anda bisa cari di google gunakan alamat IP DNS yang terdekat dengan kota tempat anda tinggal.
Seluruh gangguan bisa dilaporkan lewat Aplikasi My Indihome, Plasa Telkom dan 147 teknisi siap melayani keluhan pelanggan, semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda.
0 Komentar