Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengatasi Gangguan Modem Speedy dan Indihome Internet Mati



Gangguan internet dari speedy maupun Indihome mungkin pernah anda mengalaminya, ada bermcam macam gangguan seperti lampu internet mati. Saya mau membagi beberap tips untuk mengatasi masalah yang sering muncul baik di jaringan tembaga maupun fiber optic. Kita bisa lihat dari lampu indikator pada modem tersebut misalnya lampu indikator power mati menandakan modem tidak menyala, atau ampu indikator internet mati berwarna merah menandakan akses internet sedang ada gangguan.

Berikut Tips cara mengatasi gangguan internet speedy ataupun indihome
Modem Speedy Indihome Tembaga
1. Pastikan konfigurasi modem harus benar.
2. Lampu indikator power modem harus menyala.
3. Lampu indikator DSL / ADSL harus menyala normal (tidak berkedip).
4. Lampu indikator Internet harus menyala normal / tidak berkedip, namun jika melakukan aktifitas browsing lampu indikator Internet berkedip
5. Lampu indikator LAN harus menyala jikalau memakai internet melalui Kabel LAN.
6. Lampu indikator WLAN harus menyala jikalau memakai internet melalui WiFi

Modem IndiHome Fiber Optik.
1. Pastikan konfigurasi modem / ONT GPON harus benar
2. Indikator power menyala
3. Lampu indikator LOS / LINK harus menyala normal jika  lampu LINK mati atau lampu LOS warna merah, biasanya ada kabel yang putus pada core fibernya sehingga tidak terhubung ke jaringan ODP Telkom terdekat sehingga koneksi internet akan mati.
4. Lampu internet menyala normal
5. Lampu indikator LAN menyala jika koneksi menggunakan kabel
6. Lampu indikator WLAN menyala jika koneksi dengan jaringan WiFi

Teknik Mengatasi Gangguan Internet Mati Modem Speedy tembaga.
Penyebab internet mati biasanya terjadi pada jaringan fisik seperti sambungan kabel kurang baik tanpa adanya pelindung, biasanya sambungan yang seperti ini jika terkena air hujan maka koneksi internet akan mati. Sambungan yang kotor dan berjamur bisa juga menyebabkan koneksi internet akan mati karena hambatan akan bernilai besar. Sambunga kotor bisa terjadi di jaringan telkom atau pada rumah anda seperti splitter yang terhubung ke modem dan telepon di dalamnya kotor.

Cara Mengatasi.
1. Silahkan cek semua sambungan kabel kalau perlu bersihkan, bisa juga di ganti kabel yang baru.
2. Konfigurasi vpi vci yang tidak tepat
3. Kondisi modem yang sudah panas, modem bisa di matikan sebentar untuk mendinginkannya sekitar 30 menit kalau perlu anda beli modem cadangan dan di setting sama sehingga bisa di pakai bergantian. Modem yang menyala 24 jam nonstop pasti akan menimbulkan panas yang berlebih.
4. Ujicoba sambung langsung ke kabel telepon tanpa splitter
5. Cabut telepon rumah sementara waktu bisa juga di sebabkan interferensi gangguan dengan telepon rumah. Jangan dekatkan telepon rumah dengan modem kalau bisa jauhkan dengan menyambung kabel tambahan 

Cara Mengatasi Gangguan Internet Mati Modem Indihome GPON Fiber Optic.
Secara umum kondisi modem yang normal antara lain
1. Konfigurasi Modem ONT GPON benar.
2. Indikator lampu Power harus menyala.
3. Indikator Lampu LINK / LOS harus menyala.
4. Indikator lampu AUTH / PON harus menyala.
5. Indikator lampu INTERNET menyala normal.
6. Indikator lampu LAN harus menyala normal jika koneksi menggunakan kabel.
7. Indikator lampu WLAN menyala jika koneksi menggunakan WiFi

Jika koneksi sedang terjadi gangguan biasanya lampu LOS akan berkedip berwarna merah, penyebabya bisa kabel sedang putus atau sedang terjadi perbaikan pada area yang terdekat dengan anda. Konektor yang terlepas pada Box ODP bisa juga menyebakan ganguan, ODP merupakan sentral jaringan yang terhubung langsung ke pelanggan.

Kondisi modem panas bisa juga menjadi penyebab, solusi anda harus membeli modem cadangan agar bisa di pakai secara bergantian. Untuk setingan juga harus sama termasuk user dan password pelanggan.

Wifi tidak mau terhubung ke Modem
1. Pastikan setingan IP pada modem benar
2. Pastikan setingan DHCP server pada modem benar sehingga klient yang terkoneksi ke modem bisa langsung mendapatkan IP Address
3. Jika WiFi menggunakan password pastikan pasword yang di masukkan benar
4. Sudah terhubung namun tidak terkoneksi, penyebab seperti ini bisa ada masalah pada modem pastikan lampu indikator internet menyala.
5. Pastikan modem mendapatkan IP DNS dari telkom, IP DNS ini sangat penting yang berfungsi mengubah nama domain internet yang sedang anda akses.

Sekian tips yang bisa saya share, semoga tutorial ini berguna bagi anda yang sedang mencari solusi tindakan terhadap masalah modem anda di rumah, semoga berguna.

Posting Komentar

0 Komentar